Kumpulan Khutbah Jumat Singkat Terbaru

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pidato Singkat 1 Muharram – Kalender Hijriyah dibangun berdasarkan rata-rata silkus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari).Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Penentuan awal bulan ditandai dengan munculnya penampakan Bulan Sabit pertama kali setelah bulan baru. Pada fase ini, Bulan terbenam sesaat setelah terbenamnya Matahari, sehingga posisi hilal berada di ufuk barat. Jika hilal tidak dapat terlihat pada hari ke-29, maka jumlah hari pada bulan tersebut dibulatkan menjadi 30 hari. Tidak ada aturan khusus bulan-bulan mana saja yang memiliki 29 hari, dan mana yang memiliki 30 hari. Semuanya tergantung pada penampakan hilal.

Kumpulan Khutbah Jumat Singkat Terbaru

Dalam blog ini kami akan sedikit menuliskan contoh khutbah jumat tentang “Peringatan Hari Besar Islam (1 Muharram)”. Berikut adalah ulasannya :

Khutbah awal

اَلْحَمْدُ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ  وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ اَنْفُسِنَا وَسَيِّأَتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللهِ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اَللّهُمَ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِهِ وَ اَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلاَهُ وَ مَنِ اتَّبَعَهُ. أَمَّا بَعْدُ

Kaum muslimindan muslimat yang kami hormati 

Dengan iringan ucapan puja dan puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, karena pada malam yang berbahagia ini kita bisa berkumpul di masjid dalam suasana yang penuh damai dan tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat beserta salam semoga tetap dilimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni kanjeng Nabi Muhammad SAW. Kepada keluarganya, shabatnya, para tabiin tabiatnya dan semoga sampai kita selaku umatnya mendapatkan syafaatul udzma di akhirat kelak nanti aminn ya rabbal ‘alamin.
Hadirin kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Alloh.

Malam ini kita berkumpul di mesjid yang penuh dengan keceriaan ini adalah untuk memperingati hari besar Islam, yakni tahun baru Islam. Dengan memeringati tahun baru Islam ini tetunya kita akan sadar, bahwa umur kita semakin berkurang. Dengan menyadari hal sedemikian itu tentunya kita akan kembali untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT, dalam arti meningkatan iman dan ketakwaan kita kepada Alloh SWT.

Dengan memasuki tahun baru ini kita berusaha untuk mengoreksi diri, apakah amalan-amalan yang pernah kita lakukan itu sudah termasuk baik, atau tergolong amalan jelek?. Bila yang kita lakukan sudah mencerminkan kebaikan, maka kita harus berusaha untuk meningkatkan amalan tersebut. namun sebaliknya, bila tahun lalu amaln yang kita kerjakan jauh dari kebenaran, yakni jahat, maka kita harus berusaha dengan optimal untuk melangkah menuju kebenaran., agar supaya perjalanan hidup kita ini semakin lama semakin baik, sehingga menjadi insan yang baik mulai kehidupan dunia lebih-lebih diakhirat kelak.

Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Alloh

Bertambah tahun usia kita makin bertambah pula, akan tetapi umur kita semakin berkurang.  Dengan menyadari sedemiikian ini maka kita harus kebih giat untuk beramal yang baik sebagai bekal menuju hidup yang yang lebih panjang, yakni diakhirat. Karena kebahagiaan dan kesengsaraan yang akan menimpa seseorang tergantung amalan yang dilakukan ketika mereka hidup di dunia. Dengan kehidupan yang serba singkat ini kita berupaya untuk berlomba-lomba untuk merah amal yang shaleh, agar kelak kita tidak mengalami penyesalan yang tidak guna.

Kaum muslimin yang di muliakan Alloh

Ingatlah bahwasannya semua manusia akan mengalami kerugian yang sangat fatal, bila waktu hidup ini tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Waktu mempunyai arti yang amat penting dalam kehidupan ini, waktu juga sangat berharga dalam kehidupan ini. Sebagai pedagang waktu bisa di umpamakan sebagai Uang,  “Time is money” waktu adalah uang.  Bagi pelajar waktu adalah ilmu, “time is know leadge” waktu adalah ilmu.  Juga ada yang mengatakan, waktu adalah pedang, jadi bilamana kita tidak bisa menggunakan pedang tersebut dengan baik dan benar, maka kita sendiri yang akan terkena pedang tersebut. jadi peliaralah dan pergunakanlah waktu sebagaimana mestinya, agar kita tidak menyesal diakhir nanti.

Kaum muslimin dan muslimat yag dimuliakan Alloh

Berkaitan dengan amat pentingnya menggunakan waktu, Nabi Muhammad SAW menegaskan dalam sabdanya :

عَنْ ابْنِ عَبَا سِ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ رَسُوْلُ الله : اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ وَصِخَتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ
وَسَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ . رواه البيحقى

Artinya : “ Dari Ibnu Abbas RA. Berkata : Rasulullah SAW, bersabda “pergunakanlah lima (waktu) sebelum datang lima (waktu) yang lain, yaitu :hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu longgarmu sebelum sibukmu, mudamu sebelum tuamu, dan waktu kayamu sebelum miskinmu.” (HR. Hakim)

Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Alloh


Dalam memperingati tahun baru Islam ini, marilah kita masuki tahun ini dengan lembaran-lembaran baru, kita isi dengan amalan-amalan yang di ridlai Alloh SWT, kita berusaha untuk membuang jauh-jauh amalan yang jahat. Agar kehdupan kita berakhir dengan khusnul khotimah.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan dalam acara peringatan tahun baru Islam  ini, mudah-mudahan kita dalam memasuki tahun baru ini lebih baik dalam segala aktifitas sehari-hari. Billahi taufik wal hidayah

Khutbah Tsani

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمن سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا ، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ وَأَمِيْنُهُ عَلَى وَحْيِهِ ؛ فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ : اِتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى وَرَاقِبُوْهُ مُرَاقَبَةً مَنْ يَعْلَمُ أَنَّ رَبَّهُ يَسْمَعُهُ وَ يَرَاهُ  اللهم اغـفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات اللهم اعـز الاسلام والمسلمين واهلك الكفرة والمشركين ودمر اعدائنا واعدائك اعداء الدين بحق رب العالمين ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار برحمتك يا ارحم الراحمين والحمد لله رب العالمين 
 عباد الله ان الله يأمر بالعدل والاحسان وايتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون ولذكر الله اكبر استغفرالله لي ولكم

Itulah contoh teks pidato tentang “Peringatan Hari Besar Islam (1 Muharram)" yang dapat kami tuliskan, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih

Advertisement